Empat Hari Dipecat, Sam Altman Kembali Sebagai CEO OpenAI Berkat Dukungan Microsoft

- 23 November 2023, 22:11 WIB
  Sam Altman kembali sebagai CEO setelah dipecat OpenAI./REUTERS/Craig Hudson/
Sam Altman kembali sebagai CEO setelah dipecat OpenAI./REUTERS/Craig Hudson/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Kabar pemecatan Sam Altman sang pembuat ChatGPT sempat menghebohkan. Namun tak lama dari kabar itu, Sam Altman kembali sebagai CEO OpenAI.

Dipecatnya Sam Altman membuat heboh publik mengenai masa depan dari startup yang menjadi pusat pengembangan kecerdasan buatan OpenAI.

Namun selang dari empat hari pemecatan, Sam Altman kembali sebagai CEO bahkan memperkenalkan dewan baru dengan mantan co-CEO Salesforce Bret Taylor sebagai ketua dan Larry Summers, mantan Menteri Keuangan As, serta Adam D'Angelo sebagai direktur.

Baca Juga: Bela Siswa Pelaku Perundungan Dinas Pendidikan Cilacap Diminta Pecat Kepsek SMPN 2 Cimanggu

Dilansir dari ANTARA, Kembalinya Sam Altman ke OpenAI berpotensi membuka era baru perusahaan yang sudah lama berhadapan dengan kekhawatiran mengenai bahaya kecerdasan buatan dan potensi untuk dikomersialisasikan. 

"Saya berharap dapat kembali ke OpenAI," kata Sam Altman dalam sebuah posting di platform media sosial X (Twitter), Selasa (21/11) malam dikutip dari ANTARA. 

Diketahui Sam Altman dipecat dari OpenAI pada hari Jumat (17/11). Terkesan mendadak bahkan dewan tidak memberikan penjelasan rinci atas pemecatan pembuat ChatGPT tersebut. 

Namun demikian, Analis Keuangan AJ Bell Danni Hewson berpendapat adanya perombakan di OpenAI akan menguntungkan Altman dan Microsoft yang sudah bekerja sama mengeluarkan miliaran dolar untuk startup itu dN menyebarluaskan teknologinya ke pelanggan secara global. 

Baca Juga: Garante Tuntut Penggembang ChatGPT, Microsoft Dukung OpenAI Matikan Layananya di Italia

"Masih ada pertanyaan besar mengenai mengapa Altman dipecat dan mengapa Microsoft tidak diberi tahu tentang keputusan tersebut," kata Bell Danni Hewson.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x