Para Ilmuwan NASA Merekam Suara Aneh dari Planet Jupiter

- 22 Desember 2021, 08:11 WIB
Ilustrasi Planet Jupiter
Ilustrasi Planet Jupiter /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Sebuah pesawat ruang angkasa NASA telah menangkap suara-suara aneh yang datang dari Ganymede, planet terbesar Jupiter.

Data yang diambil saat misi Juno terbang dalam jarak 645 mil (1.038 km) dari objek luar angkasa misterius diubah menjadi klip audio oleh para ilmuwan.

Instrumen Waves pesawat ruang angkasa, yang menyetel gelombang radio listrik dan magnetik, mengumpulkan data yang kemudian diubah menjadi trek audio.

Baca Juga: Semi Final Indonesia vs Singapura, Garuda Tetap Waspada!

Itu adalah penerbangan terdekat yang pernah dilakukan pesawat ruang angkasa ke bulan sejak pesawat ruang angkasa Galileo milik NASA melakukan pendekatan jarak dekat kedua dari belakang pada Mei 2000.

'Soundtrack ini cukup liar untuk membuat Anda merasa seolah-olah sedang berkendara bersama saat Juno berlayar melewati Ganymede untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade,' kata Penyelidik Utama Juno, Scott Bolton.

'Jika Anda mendengarkan dengan cermat, Anda dapat mendengar perubahan mendadak ke frekuensi yang lebih tinggi di sekitar titik tengah rekaman, yang menunjukkan masuknya wilayah berbeda di magnetosfer Ganymede.'

Dengan diameter 3.280 mil (5.262 km), Ganymede lebih besar dari Merkurius dan planet kerdil Pluto.

Baca Juga: +100 Link Download Twibbon Hari Ibu Pas untuk di Pasang di Instagram, Facebook, Twitter dan WhatsApp, YUK MERI

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Sun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x