Galendo Makanan Khas Ciamis yang Wajib di Coba dan Dijadikan Oleh-Oleh Ketika Berkunjung ke Ciamis

- 12 April 2022, 23:05 WIB
Mantap! Galendo Kuliner Khas Ciamis yang Melegenda, Simak Sejarah Singkat Tentang Galendo
Mantap! Galendo Kuliner Khas Ciamis yang Melegenda, Simak Sejarah Singkat Tentang Galendo /Tangkap layar instagram/@napakjagatpasundan/

PRIANGANTIMURNEWS – Bagi warga Priangan timur pasti mengetahui galendo, galendo merupakan makanan olahan khas dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Akan tetapi saat ini camilan unik ini mulai langka dan sulit ditemukan. Camilan yang biasa disebut galendo merupakan sebuah kudapan berbahan ampas minyak kelapa yang digoreng hingga padat kecokelatan. Selasa 12 April 2022.

Ide pembuatan galendo tercipta dari banyaknya industri pengolahan kelapa di kawasan timur tanah pasundan tersebut.

Banyak pengusaha minyak kelapa yang akhirnya memanfaatkan olahan minyak kelapa yang tak terpakai untuk dibuat sebagai jajanan alternatif.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Minggu Ini, 11-17 April 2022

Untuk rasanya sangat menarik perpaduan manis, gurih dan sedikit rasa pahit seperti coklat akan mampu membuat ketagihan bagi siap saja yang mencoba untuk memakannya.

Galendo menjadi makanan khas Ciamis pertama yang wajib kamu cicipi jika berada di daerah Ciamis danbisa dijadikan sebagai oleh oleh wajib ketika berkunjung ke Ciamis.

Galendo merupakan produk makanan yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa) yang diolah dengan cara direbus sampai proses pembentukan minyak dan endapan dibawahnya lah yang disebut galendo, endapan galendo ini berupa serbuk yang biasanya masih mengandung minyak.

Baca Juga: Profil dan Biodata Putra Siregar, Pengusaha PS Store yang Ditahan Terkait Kasus Pengeroyokan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x