Asyiknya Berwisata Ke Goa Lanang Pangandaran

- 4 November 2020, 14:10 WIB
Body rafting di goa Lanang.
Body rafting di goa Lanang. /Dok.goa lanang/

PRIANGANTIMURNEWS-
Goa lanang merupakan goa alam yang terdapat di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Di goa ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam serta aliran sungai yang membelah hamparan bebatuan endapan yang sangat menarik.

Wisatawan juga dapat melakukan body rafting yang di pandu oleh seorang guide dengan menelusuri sepanjang aliran sungai. Selama dalam perjalannan river dan water tubing, guide akan menceritakan banyak kepada wisatawan tentang sejarah goa lanang.

Baca Juga: Bandara Nusawiru Bisa Menunjang Sektor Pariwisata Di Pangandaran

Menurut cerita, goa lanang tersebut merupakan tempat bersejarah pada jaman kerajaan. Konon goa ini merupakan keraton yang pertama masa kerajaan Galuh, sedangkan untuk keraton yang keduannya ada di Karang Kamulyan Kabupaten Ciamis.

Selain bisa melakukan adrenalin body rafting, wisatawan juga bisa menikmati makan siang yang sudah disediakan bagi peserta body rafting sambil mendengarkan kicauan burung dan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk.

River tuning menyusuri goa Lanang.
River tuning menyusuri goa Lanang.

Goa lanang ini memiliki kedalaman sekitar 360 meter, sehingga peserta body rafting akan dibekali jaket pelampung atau safety jacket, helm dan senter sehingga bisa meihat bebatuan stalaktit yang terbentuk sejak puuhan bahkan ratusan tahun.

Salahsatu guide goa lanang Yaya mengatakan, untuk menguji adrenalin, wisatawan juga bisa terjun ke sungai dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter.

"Ayo kita uji adrenalin sambil menikmati alam yang indah di goa lanang. Kami juga menyediakan berbagai suvenir, apalagi kalo sedang musim buah durian, wah pokoknya asyiik," ajak Yaya.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah