Bandara Nusawiru Bisa Menunjang Sektor Pariwisata Di Pangandaran

- 1 November 2020, 18:27 WIB
Beberapa pesawat terbang di bandara Nusawiru Pangandaran.
Beberapa pesawat terbang di bandara Nusawiru Pangandaran. /priangantimurnews.com/Agus./

PRIANGANTIMURNEWS-
Pentingnya sarana bandara Nusawiru yang berada di sebelah barat pantai Pangandaran, tepatnya di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran sebagai aksesibilitas dalam peningkatan pariwisata di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Pangandaran.

Alat transportasi udara di bandara yang diresmikan pada tahun 1996 itu merupakan upaya pemerintah guna pengembangan pariwisata di Provinsi Jawa Barat bagian selatan.

"Bandara yang memiliki panjang runway 1.400 meter ini sengaja di bangun untuk penunjang pariwisata di Kab Pangandaran," ungkap Kepala Bandara Nusawiru, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Hendra Gunawan.

Baca Juga: Horee, Akuarium Raksasa 'PIAMARI' Di Buka Pada Pertengah Desember 2020

Menurut Hendra, pada saat itu pesawat komersial dari maskapai penerbangan pesawat Merpati sempat melayani transportasi udara di bandara Nusawiru.

"Namun dikarenakan pada saat itu terkena moneter maka penerbangan pesawat Merpati berhenti dan bandara sempat tidak beroperasi," ujarnya.

Lanjut Hendra, kemudian hadir di bandara Nusawiru dari maskapai penerbangan reguler oleh pesawat-pesawat milik PT Susi Air Aviation pada tahun 2004.

Bandara Nusawiru
Bandara Nusawiru

"Itu pun hanya dua tahun karena bencana gempa dan tsunami melanda wilayah Kab Pangandaran," ujarnya.

Namun kata Hendra, paska bencana gempa dan tsunami PT Susi Air Aviation kembali membuka jalur penerbangan regulernya kembali di bandara Nusawiru yang kini melayani penerbangan rute Pangandaran-Jakarta dan Jakarta-Pangandaran hingga sekarang.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah