Apa Kaitannya Orang Bandung dengan Pantai Pangandaran? Begini Penjelasannya

- 21 Februari 2022, 18:08 WIB
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya.
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya. /Instagram @berandapangandaran/

PRIANGANTIMURNEWS- Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran pamekaran dari Kabupaten Ciamis yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari YouTube NM Channel, Pantai ini terkenal karena keindahan pasir hitam dan pasir putihnya dan berada di sekitar area cagar alam pananjung.

Pantai Pangandaran pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat sebagian besar Mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan.

Baca Juga: Na'udzubillah !! Beginilah Cara Malaikat Maut Mencabut Nyawa Manusia

Oleh karena itu dulu pantai ini mendapat julukan sebagai Kota nelayan kecil, dibalik keindahan Pangandaran ternyata disana ada sebuah mitos di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Pangandaran sangat erat dengan dan penguasa Pantai Selatan Ratu Nyi Roro Kidul para sesepuh di Pangandaran biasanya mewanti-wanti kepada orang Bandung yang hendak berenang di pantai, menurut mitos apabila orang Bandung berenang di sekitar Pangandaran bisa terkena musibah misalnya tenggelam atau terbawa arus ombak.

Berdasarkan mitos beredar yang melatarbelakangi kejadian tersebut adalah pada zaman dahulu Raja Pajajaran memperistri seorang wanita cantik, namun wanita tersebut hanya dijadikan sebagai istri simpanan.

Baca Juga: Berkhasiat! Obat Alami Flu dan Radang Tenggorokan di Masa Pandemi Omicron

Suatu ketika perempuan tersebut mengandung ditengah kebahagiaannya dikaruniai buah hati kemudian istri simpanan raja tersebut mengabarkan perihal kehamilannya kepada raja, bukannya senang mendapat buah hati Namun Raja Pajajaran malah marah dan beralih benci kepada wanita tersebut, kemudian Raja Pajajaran memerintahkan kepada para pengawalnya untuk membuang wanita tersebut ke hutan belantara.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube NM Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x