Silsilah dan Histori Pangandaran Simak Disini

- 12 Maret 2022, 23:43 WIB
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya.
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya. /Instagram @berandapangandaran/

PRIANGANTIMURNEWS- Pada awalnya Desa Pananjung Pangandaran ini dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari suku sunda.

Penyebab pendatang lebih memilih daerah Pangandaran untuk menjadi tempat tinggal karena gelombang laut yang kecil yang membuat mudah untuk mencari ikan.

"Karena di Pantai Pangandaran inilah terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang sekarang menjadi cagar alam atau hutan lindung, tanjung inilah yang menghambat atau menghalangi gelombang besar untuk sampai ke pantai." Ungkap Syarif Salah Seorang Kuncen Goa Rengganis Pangandara. Sabtu 12 Maret 2022.

Di sinilah para nelayan menjadikan tempat tersebut untuk menyimpan perahu yang dalam bahasa sundanya disebut andar setelah beberapa lama banyak berdatangan ke tempat ini dan menetap sehingga menjadi sebuah perkampungan yang disebut Pangandaran.

Baca Juga: JADWAL SHOLAT Depok Hari ini Minggu 13 Maret 2022 serta Doa Sebelum dan Sesudah Makan

"Pangandaran berasal dari dua buah kata pangan dan daran . yang artinya pangan adalah makanan dan daran adalah pendatang. Jadi Pangandaran artinya sumber makanan para pendatang," jelasnya.

Lalu para sesepuh terdahulu memberi nama Desa Pananjung, karena menurut para sesepuh terdahulu di samping daerah itu terdapat tanjung di daerah inipun banyak sekali terdapat keramat-keramat di beberapa tempat.

"Pananjung artinya dalam bahasa sunda Pangnanjung-nanjungna ( paling subur atau paling makmur)" Sambungnya.

Pada mulanya Pananjung merupakan salah satu pusat kerajaan, sejaman dengan kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di Putrapinggan sekitar abad XIV M.

Baca Juga: Menara Mercusuar Pantai Legokjawa Pangandaran jadi Tempat Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x