Enam Negara dengan Tingkat Minat Baca Rendah Termasuk Indonesia

- 25 Maret 2022, 13:22 WIB
 Dua orang anak sedang membaca buku
 Dua orang anak sedang membaca buku /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Membaca adalah jendela ilmu. Dengan membaca manusia akan mendapatkan sejumalh informasi yang tentu akan sangat bermanfaat.

Kendati tahu bahwa membaca banyak manfaatnya, namun ada jutaan orang yang masih enggan untuk membaca. Termasuk masyarakat Indonesia minat baa masyarakat masih rendah.

Menurut Herman Wahadaniah, minat baca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri atau dorongan dari luar.

 Baca Juga: Zodiak Gemini Elemen Angin, Inilah Ramalan Zodiak Gemini Hari Ini 25 Maret 2022

Rendahnya minat membaca masih menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah negara. Berikut beberapa negara dengan minat baca paling terendah di dunia:

1. IRAK
Tingkat baca hurufnya yaitu sekitar 50 persen. Kurangnya investasi di Irak akibat perang yang terus menerus terjadi menjadi penyebab buruknya sistem pendidikan di Irak.

Dampak konflik di Irak sangat terasa, padahal dulunya Irak memiliki sistem pendidikan terbagus di Timur Tengah.

2. AFGHANISTAN
Tingkat melek huruf di negara ini hanya 43 persen. Perang yang terjadi tiada henti dalam tiga dekade lebih membuat sistem pendidikan di Afghanistan terperosok. Rata-rata anak di Afghanistan tidak bisa menyelesaikan sekolah dasarnya akibat konflik tersebut.

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari ke-15 dan ke 21

3. BENIN
Rendahnya tingkat minat baca di Benin, Afrika Barat ini hanya mencapai 42,4 persen. Dari sektor pendidikan di negara Benin terus mengalami penurunan karena masalah ekonomi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @indozonefyii


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x