Seni Angklung Badeng Diklaim Juga Sebagai Kesenian Asli Kabupaten Garut

- 30 Juni 2022, 15:45 WIB
para pegiat kesenian Badeng/dok.pribadi
para pegiat kesenian Badeng/dok.pribadi /

PRIANGANTIMURNEWS- Kabupaten Garut juga ada yang mengklaim bahwa Seni Angklung Badeng adalah Seni budaya asli berasal dari daerahnya sejak tahun 1800-an.

Maka dari itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya harus segera meneliti terkait asal usul Seni Badeng Desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Syahban Hilal, Kamis 30 Juni 2022. Menurutnya, dalam upaya pelestarian, perlindungan dan pemajuan warisan budaya.

Juga, lanjut dia, perlu melibatkan masyarakat melalui kolaborasi pegiat-pegiat Seni Badeng dengan berbagai komunitas di Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Berkunjung ke Ukraina, Presiden Jokowi: Jangan Ada Lagi Kota Di Ukraina Rusak Akibat Perang!

"Disinilah peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memasukkan Seni Badeng dalam perencanaan pengelolaan Kebudayaan daerah Tasikmalaya," ungkapnya.

Terkait Kesenian Badeng, dia melanjutkan, perlu diteliti lebih lanjut dan kemudian disusun sejarah dan asal usul Seni badeng tersebut dengan baik, benar dan dapat di pertanggung jawabkan.

"Maksudnya, dikarenakan di Kabupaten Garut pun ada yang mengklaim bahwa Seni Angklung Badeng adalah Seni budaya asli berasal dari Garut sejak tahun 1800," jelasnya.

Dengan demikian, kata Syahban, informasi Seni Badeng di Desa Tanjungmekar Kecamatan Jamanis tersebut akan dijadikan bahan dalam rapat kerja dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x