Anggota Fraksi Gerindra Apresiasi Terhadap Pegiat Seni Badeng Desa Tanjungmekar

- 30 Juni 2022, 15:53 WIB
para pegiat kesenian Badeng/dok.pribadi
para pegiat kesenian Badeng/dok.pribadi /

PRIANGANTIMURNEWS- Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Rachmat Al Faruq mengapresiasi terhadap pegiat Seni Badeng Desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis yang terus konsisten melestarikan kesenian tersebut.

"Melihat semangat warga Desa Tanjungmekar dalam melestarikan kesenian badeng sebagai suatu upaya menjunjung kearifan lokal, membuat saya merasa terharu dan bangga," ungkap Dadang Rachmat Al Faruq, Kamis 30 Juni 2022.

Menurutnya, keberpihakan pada kearifan lokal sungguh sangatlah mudah diucapkan dalam pidato maupun komentar-komentar namun dalam realisasinya pasti sulit.

"Jadi, bukan hanya di butuhkan konsistensi dan sikap kebersamaan, tetapi juga dibutuhkan perasaan cinta yang mendalam terhadap kebudayaan lokal," ucapnya.

Baca Juga: Seni Angklung Badeng Diklaim Juga Sebagai Kesenian Asli Kabupaten Garut

Dia melanjutkan, dirinya sangat menghargai dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya pada masyarakat desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis, atas dedikasinya terhadap Kesenian Badeng.

"Saya pun turut bangga terhadap kinerja saudara Ade lukmanul hakim sebagai Kepala Desa Tanjungmekar dalam membina dan membimbing masyarakatnya untuk tetap konsisten berdedikasi melestarikan kesenian badeng," tegasnya.

Dadang menyebutkan sebuah kerja keras yang patut di acungi jempol. Sebagai mantan Kepala Desa, dia mengatakan membangun kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal sangatlah sulit.

"Butuh kesabaran ekstra dan konsekuensi tinggi untuk membangun masyarakat yang peduli terhadap seni dan budaya tradisional," ucapnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x