5 Tips Berburu Minyak Goreng Murah Patut Dicoba, Catat Jamnya!

- 22 Februari 2022, 06:29 WIB
Minyak goreng saat ini sedang jadi barang langka.Sulit didapat sehingga membuat ibu Rumah Tangga panik. Ini tips berburu minyak goreng murah
Minyak goreng saat ini sedang jadi barang langka.Sulit didapat sehingga membuat ibu Rumah Tangga panik. Ini tips berburu minyak goreng murah /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS-  Minyak goreng sekarang menjadi barang diburu oleh para ibu rumah tangga. Sulit ditemukan dan langka di mana-mana.

Jika pun ada, harga minyak goreng sudah cukup mahal. Karena itu pemerintah membuat kebijakan menurunkan harga minyak goreng menjadi satu harga.

Sejak 1 Februari 2022 lalu, harga minyak goreng curah juga ikut turun. Selain minyak goreng curah, penetapan ini juga berlaku untuk harga minyak goreng dengan kemasan sederhana hingga premium.

Rinciannya, HET atau Harga Eceran Tertinggi untuk kategori minyak goreng curah ditetapkan dengan harga Rp11.500 per liter. Sementara itu, minyak goreng kemasan sederhana adalah Rp13.500 per liter dan minyak goreng premium senilai Rp14.000 per liter. 

Dengan adanya penurunan harga minyak goreng ini, pemerintah menjamin bahwa stok akan cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Karena itu, Lutfi meminta agar masyarakat tidak membeli minyak goreng secara borongan atau panic buying. 

Agar  tidak panic buying, ada beberapa tips berburu minyak goreng murah yang bisa Bunda coba, nih. Kalau Bunda penasaran, berikut ini deretan tipsnya:

1. Datang malam sebelum tutup
Bunda, tips pertama adalah Bunda bisa datang ke toko swalayan atau supermarket beberapa jam atau beberapa menit sebelum tokonya tutup, nih.

Hal ini karena beberapa toko akan mengisi kembali persediaan stok barang sebelum menutup toko. Misalnya swalayan tutup pukul 21.00, Bunda bisa datang 15 menit sebelum tutup nih. Jadi, bisanya minyak goreng sudah di-display kembali untuk persiapan keesokan paginya.

2. Datang pada hari biasa
Jika Bunda biasanya belanja bulanan di hari libur, untuk saat ini lebih baik belanja di hari biasa.

Pastinya Bunda tidak ingin kehabisan stok minyak goreng, bukan?  Oleh karena itu, lebih baik Bunda datang ke toko swalayan atau minimarket pada hari biasa.

Hal ini lantaran sebagian besar orang-orang menjalankan aktivitasnya, seperti bekerja di hari biasa dan mereka lebih memilih untuk belanja kebutuhan di hari libur. Pengalaman Bubun sih, datang di jam 09.00 pagi masih banyak setok minyak goreng di etlase mini market.

3. Saling berbagi info
Tips ketiga untuk mendapatkan minyak goreng murah adalah tanyakan kepada pegawai atau tukang parkir tokonya.

Biasanya mereka akan memberikan informasi tentang tersedianya stok minyak goreng. Masih pengalaman Bubun dan beberapa Bunda di grup WhatsApp, meminta informasi pada tukang parkir swalayan sangat membantu lho. Selain itu, para Bunda juga bisa saling berbagi info jika mengetahui ada stok minyak goreng yang tersedia.

4. Datang lebih pagi
Turunnya harga minyak goreng tentu akan mengundang para pembeli lainnya untuk menyerbu toko swalayan.

Salah satunya, agar tidak kehabisan minyak goreng di toko swalayan, tips keempat yang dapat datang pagi satu atau dua jam sebelum toko buka karena biasanya sudah banyak orang-orang yang rela mengantri subuh agar tidak kehabisan minyak goreng.

5. Perhatikan jam
Tips terakhir adalah perhatikan jam setiap pegawai toko mengisi kembali stok minyak goreng murah. Karena biasanya di setiap toko swalayan atau supermarket ada waktu-waktu tertentu untuk mengisi stok, biasanya setiap 2-3 jam sekali. Jadi, cobalah untuk datang pada waktu pegawai toko mengisi kembali stok minyak.U***

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x