5 Tips Memilih Susu Soya untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

- 20 Februari 2022, 08:16 WIB
Susu sapi ternyata tidak baik untuk semua anak. Kadang anak justru sakit saat minum susu sapi, bisa alergi. Solusinya bisa ganti susu soya
Susu sapi ternyata tidak baik untuk semua anak. Kadang anak justru sakit saat minum susu sapi, bisa alergi. Solusinya bisa ganti susu soya /pixabay/

 PRIANGANTIMURNEWS - Sus sangat baik untuk pertumbuhan anak  agar bisa menjadi sehat dan cepat tumbuh.

Namun tidak semua anak menyukai susu sapi, bahkan ada yang alergi susu sapi. Dengan begitu tentu tidak bisa dipaksakan untuk minum susu sapi.

Solusinya agar kebutuhan gizi tercukupi, anak bisa diberikan asupan susu soya. Susu soya  merupakan susu kedelai yang bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi.Susu soya bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi untuk anak yang memiliki alergi susu sapi.

Baca Juga: 5 Manfaat Sari Kurma untuk Bayi, Salah Satunya Bisa Mencegah Infeksi

Dokter Anak Dr. Arti Sharma mengatakan, susu soya berbeda dengan susu formula berbasis kedelai.

Susu formula berbahan dasar kedelai dapat diformulasikan secara khusus dengan menambah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Sedangkan, susu soya asli mengandung nutrisi yang biasanya kurang lengkap untuk anak.

Pemberian susu soya pada bayi sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. Sebab, sistem pencernaan bayi belum berkembang dengan baik dan mereka masih memerlukan mineral penting untuk pertumbuhannya.

Baca Juga: PENTING: Pasien Positif Covid-19 Tanpa Gejala Disarankan Cukup Isolasi Mandiri

Sharma menambahkan, susu soya bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak berusia satu tahun ke atas, terutama yang intoleran laktosa atau alergi susu sapi. Setidaknya, susu soya bisa membantu menjaga kenaikan berat badan anak dan memenuhi asupan nutrisinya.

Sementara menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, susu kedelai yang mengandung formula isolat protein soya dapat diberikan pada kasus alergi susu sapi ringan atau sedang. Sejumlah penelitian telah membuktikan keamanan isolat protein soya pada produk susu.

Dalam studi lain dijelaskan, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam aspek kognitif dan bahasa anak yang diberikan susu formula soya dibandingkan anak yang minum susu sapi.

Baca Juga: Jadwal TV TransTV Hari Ini Minggu, 20 Februari 2022: Ada The Lord of the Rings dan Alvin And The Chipmunks

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x