Mengintip Sentra Golok Galonggong Manonjaya yang Tetap Bertahan Ditengah Sepinya Peminat!

- 6 Juli 2023, 14:21 WIB
Yoyo (65) di depan lapak/kiosnya yang menjual Golok Galonggong di Kampung Galonggong Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Yoyo (65) di depan lapak/kiosnya yang menjual Golok Galonggong di Kampung Galonggong Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Kabupaten Tasikmalaya bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tapi ternyata menyimpan juga kekayaan berupa produk kerajinan. 

Kerajinan dari Kabupaten ini bukan hanya kerajinan kain bordir, kelom geulis ataupun payung kertas tapi ada kerajinan berupa senjata yakni golok.

Jika Anda melintas menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari arah alun-alun Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya ke arah Cineam, Anda akan melewati Kampung Galonggong Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya. 

Baca Juga: Payung Geulis Tasikmalaya Go Internasional! Menjadi Perwakilan Kerajinan Indonesia di Thailand

Di sepanjang ruas jalan yang mulus beraspal hotmix ini di pinggir-pinggir jalan tersebut Anda akan banyak menemui lapak-lapak sederhana.

Ada puluhan lapak yang berderet di kanan dan kiri jalan raya tersebut. Uniknya, lapak-lapak tersebut memajang golok-golok sebagai produk jualannnya. Golok yang dipajang untuk dijual di lapak-lapak tersebut tiada lain adalah golok Galonggong.

Kampung Galonggong konon sudah terkenal sebagai sentra produksi golok sejak zaman Belanda. Pada Senin, 4 Juli 2023 lalu, priangantimurnews.pikiran-rakyat.com berkesempatan mampir ke salah satu lapak yang menjual golok Galonggong di Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya.

Baca Juga: Kerajinan Kasur Desa Sukamukti Menjadi Ciri Khas Situ Bagendit, Hasilnya Sudah Melalang ke Penjuru Nusantara

Bapak Yoyo, pemilik lapak 'Subur Sejahtera' mengaku dirinya sudah hampir 20 tahun berjualan golok Galonggong.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x