Yuk, Bangun Kebiasaan yang Baik Dalam Pola Makan Sehat

- 9 Maret 2021, 17:48 WIB
Ilustrasi makanan sehat
Ilustrasi makanan sehat /pixabay/dbreen

PRIANGANTIMURNEWS- Pola makan sehat terus digalakkan setiap hari oleh pemerintah, apalagi di situasi pandemi Covid-19. Pola makan sehat bisa dibangun dengan cara membiasakan diri minimal anggota keluarga untuk melakukan kebiasaan yang baik.

Selain itu, pola makan sehat akan berdampak pada kesehatan seluruh anggota badan dan kesehatan pola pikir seseorang. Memakan-makanan yang bergizi dengan seimbang sangat diperlukan dan dianjurkan oleh kementerian kesehatan (kemenkes) khususnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun kebiasaan yang baik dalam pola makan sehat. Dilansir priangantimurnews dari P2PTM Kemenkes RI, langkah-langkah kebiasaan yang baik itu, di antaranya:

Baca Juga: Simak, 5 Cara Atasi Beban Kerja yang Berlebihan, Naker Wajib Tahu

Pertama, Budayakan minum air putih paling sedikit 8 gelas/ hari atau 2 liter/ hari.
Isi perut manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu untuk makan, minum, dan udara. Mengonsumsi air putih 8 gelas sangat dianjurkan untuk dilakukan, karena manusia sendiri memerlukan mineral yang lebih untuk menjalani aktivitasnya.

Jika manusia kurang mengonsumsi air putih, setidaknya penyakit –penyakit akan mudah menyerang dan organ pertama yang rusak karena kekurangan cairan adalah ginjal.

Kedua, Perbanyak konsumsi buah/ sayur setiap hari.
Buah dan sayur adalah salah satu makanan wajib bagi manusia untuk dikonsumsi setiap hari. Buah mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tumbuh kembang manusia dan memperlancar proses pencernaan di dalam perut.

Baca Juga: Musim Hujan, Waspadai Dua Jenis Penyakit Ini

Sedangkan, sayuran kaya akan serat agar metabolisme tubuh tetap berjalan, dan tidak terjadi kerusakan. sayuran juga akan membuat tubuh tampak terisi dan terlihat sehat. Anak yang kekurangan sayuran, maka tidak akan kebal terhadap penyakit, dan cenderung memiliki tubuh yang kurus.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: p2ptm Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah