Ketidakwarasaan itu perlu dipertahankan untuk menjaga keseimbangan hidup

- 11 November 2020, 19:03 WIB
Seorang gadis dan kebebasan.
Seorang gadis dan kebebasan. /Pixabay.com/

PRIANGANTIMURNEWS-
Sewaktu-waktu cobalah jalan dipinggir pantai tanpa membawa beban apapun. Lupakan sejenak tumpukan daftar masalah untuk sementara.

Rasakan bagaiamana angin menyapa kita dengan tenang, gemuruh ombak yang meneriakan asanya, dan hamparan wisatawan. Lihat mereka yang pergi liburan.

Membawa kesenangan dan meninggalkan kesedihan. Perhatikan mereka satu-satu, dimana kamu adalah salah satu orang yang berjalan sendirian, dan jangan lupa niatkan bukan untuk liburan. Tapi, hanya untuk jalan-jalan aja.

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif Yang dapat dilakukan di walupun Rumah Aja

Memperhatikan angin walaupun tak terlihat, merekam gemuruh ombak dan menyaksikan orang berbahagia. Bagaiamana respon mereka terhadap indahnya samudera biru, hanya tersenyum atau bersyukur.

Melakukan hal ini bukan berarti kita gila dan bereksperimen. Ada landasan yang sebenarnya harus kita ingat saat sendirian, yaitu masih waras kah kita hidup.

Cobalah perhatikan orang-orang yang datang hanya untuk liburan dan meninggalkan pekerjaan. Menjadi acuan mereka bahwa akan menghilangkan rasa penat dari keseharian mereka yang terus berulangkali.

Sekarang coba lihat dirimu, hari ini dan detik ini. Bayangkan saja sekarang sedang berada di pantai dewata, tetap pada konsep awal, kamu jalan sendirian. Kamu akan merasa waras jika tujuanmu ke pantai hanya untuk berlibur, sedetik menghilangkan masalah dan beban pikiran. Tapi apa yang terjadi jika tujuanmu hanya untuk meditasi. Tidak, bukan duduk merem sambil mendengarkan musik syahdu.

Hanya sekedar jalan kaki untuk menyatukan kembali ketidakwarasan kamu. Lantas apa yang bisa kita ambil jika hanya menambah beban.

Padahal yang kita lakukan sendirian itu adalah bentuk rasa syukur atas ketidakwarasan kita yang menyeimbangkan pikiran negatif dan positif kita. Apa bentuk nyata yang kita lihat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x