Amerika Serikat Segera Meresmikan Akhir Misi Tempur Washington di Irak

- 23 Juli 2021, 11:30 WIB
Pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat, Brigade 1, Divisi Infanteri ke-25, Satuan Tugas Irak.
Pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat, Brigade 1, Divisi Infanteri ke-25, Satuan Tugas Irak. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS– Dalam langkah-langkah untuk melawan sisa-sisa ISIS, saat ini terdapat 2.500 tentara Amerika Serikat di Irak.

AS dan Irak akan segera meresmikan akhir misi tempur Washington di negara Irak pada akhir tahun 2021 serta melanjutkan peralihan mengarah pada pelatihan dan pemberian nasihat pasukan di Irak, pejabat AS menuturkan pada Kamis, 22 Juli 2021.

Pengumuman tersebut akan dilakukan sesudah Presiden AS Joe Biden melakukan pertemuan dengan rekannya Irak di Washington pada pekan depan, memiliki kesulitan secara politik untuk pemerintah Irak serta dilihat sebagai suatu kemenangan dalam negeri di Baghdad.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional 2021, Jokowi: Anak-Anakku Semua Adalah Masa Depan Indonesia

Pemerintah AS ingin tinggal di Irak atas undangan dari Irak dalam upaya melawan dan mengalahkan ISIS serta membantu pasukan Irak dalam pengembangan kemampuan intelijen dan pengawasan.

"Misi tidak berubah, bagaimana kami mendukung pasukan keamanan Irak dalam mengalahkan misi ISIS adalah apa yang sedang kami bicarakan," ungkap seorang pejabat senior pertahanan dilansir Reuters pada Kamis, 22 Juli 2021.

Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi sedang menghadapi tekanan dari partai-partai dan kelompok paramiliter, menganggap telah berpihak pada pemerintahan AS.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah