TikTok Sumber Utama Disinformasi Tentang Perang Ukraina, kata para ahli

- 7 April 2022, 12:00 WIB
  Platform media sosial TikTok   
Platform media sosial TikTok   /Unsplash @Solen Feyissa/

PRIANGANTIMURNEWS - Perang di Ukraina dengan cepat menempatkan TikTok sebagai sumber kesalahan informasi nomor satu berkat jumlah penggunanya yang besar dan pemfilteran konten yang minimal, kata para ahli.

Setiap hari, Shayan Sardarizadeh, seorang jurnalis dari tim disinformasi BBC, menelusuri campuran halusinasi antara informasi palsu dan menyesatkan tentang perang yang dimuntahkan di situs berbagi video.

"TikTok benar-benar tidak memiliki perang yang baik," katanya kepada AFP.

"Saya belum pernah melihat platform lain dengan begitu banyak konten palsu," tambahnya.

Baca Juga: Thomas Tuchel mengklaim pertandingan Liga Champions Chelsea telah berakhir setelah Real Madrid kalah

"Kami telah melihat semuanya: Video dari konflik masa lalu didaur ulang, rekaman asli disajikan dengan cara yang menyesatkan, hal-hal yang jelas-jelas salah tetapi masih mendapatkan puluhan juta penayangan."

Dia mengatakan yang paling mengganggu adalah streaming langsung palsu di mana pengguna berpura-pura berada di tanah di Ukraina, tetapi sebenarnya menggunakan rekaman dari konflik lain atau bahkan video game dan kemudian meminta uang untuk mendukung "pelaporan" mereka.

"Jutaan orang mendengarkan dan menonton. Mereka bahkan menambahkan suara tembakan dan ledakan palsu," kata Sardarizadeh.

Anastasiya Zhyrmont dari Access Now, sebuah kelompok advokasi, mengatakan tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa perang datang sebagai kejutan.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x