Masjid Al-Aqsa Begitu Penting Bagi Umat Islam, Israel Pendatang Baru

- 29 Mei 2022, 19:52 WIB
Masjid Al-Aqsa Menjadi Tempat Yang Ingin Israel Ambil dari Tanah Palestina,
Masjid Al-Aqsa Menjadi Tempat Yang Ingin Israel Ambil dari Tanah Palestina, /Antara News

PRIANGANTIMURNEWS- Inilah rincian mengapa kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem menjadi titik pertikaian yang konstan dalam konflik Palestina-Israel.

Al-Aqsa adalah nama masjid berkubah perak di dalam kompleks seluas 35 hektar yang disebut sebagai al-Haram al-Sharif, atau tempat suci oleh umat Islam, dan sebagai Bukit Bait Suci oleh orang Yahudi.

Kompleks ini terletak di Kota Tua Yerusalem, yang telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh badan budaya PBB, UNESCO, dan penting bagi tiga agama Ibrahim.

Baca Juga: Setelah Liverpool Kalah Atas Real Madrid, Andy Robertson Kecam Penyelenggara Liga Champions Karena Hal ini

Situs tersebut telah menjadi bagian wilayah yang paling diperebutkan di Tanah Suci sejak Israel menduduki Yerusalem Timur, termasuk Kota Tua, pada tahun 1967, bersama dengan Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Namun, konflik tersebut terjadi lebih jauh ke belakang, sebelum pembentukan Israel.

Pada tahun 1947, PBB menyusun rencana partisi untuk memisahkan Palestina historis, yang saat itu berada di bawah kendali Inggris, menjadi dua negara: satu untuk orang Yahudi, terutama dari Eropa, dan satu untuk orang Palestina. Negara Yahudi diberi 55 persen tanah, dan 45 persen sisanya untuk negara Palestina.

Baca Juga: Jelang Pemilu, Ketua Badan Pembinaan Kepemimpinan Daerah DPP PKS Bakal Usung Raffi Ahmad pada Pilpres 2024

Yerusalem, yang menampung kompleks al-Aqsa, milik komunitas internasional di bawah administrasi PBB. Itu diberikan status khusus ini karena pentingnya bagi tiga agama Ibrahim.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x