Gunung Ruang Erupsi di Sulawesi Utara, Belasan Ribu Warga Dievakuasi ke Tempat Aman

- 30 April 2024, 19:46 WIB
Erupsi Gunung Ruang Rusak Stasiun Seismik, Hetty: Alat Kami Mati Tidak Berapa Lama Setelah Kejadian
Erupsi Gunung Ruang Rusak Stasiun Seismik, Hetty: Alat Kami Mati Tidak Berapa Lama Setelah Kejadian /ANTARA/PVMBG/

PRIANGANTIMURNEWS - Ribuan warga di Sulawesi Utara akan dievakuasi. Tindakan itu dilakukan akibat Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali erupsi sejak Selasa (30/4/2024) dini hari.

Terkait dengan itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut akan mengevakuasi 11.000 hingga 12.000 jiwa ke tempat lebih aman.

"BNPB sudah mengestimasi populasi penduduk yang harus kita evakuasi, yaitu lebih kurang 11.000 hingga 12.000 jiwa," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip dari channel Youtube BNPB, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bongkar Markas Judi Online Cuaca 77, Belasan Orang Diamankan

Menurut Muhari, pihak terkait seperti BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, TNI-Polri, BPBD Provinsi Minahasa Utara dan Sitaro sudah melakukan rapat koordinasi.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, lanjut Muhari, disepakati beberapa hal. Salah satunya status tanggap darurat yang akan diperpanjang hingga 13 Mei 2024.

"Status tanggap darurat yang sebelumnya berakhir kemarin 29 April itu, diperpanjang 14 hari mulai 30 April-13 Mei 2024," jelasnya.

Baca Juga: Tragis, Mobil Seruduk Tujuh Sepeda Motor Parkir di Jakpus, Polisi Bakal Cek TKP

Selain itu, Muhari mengungkapkan masyarakat yan berada di Pulau Ruang juga akan dievakuasi ke Kota Manado. Tercatat setidaknya ada 834 jiwa yang akan dievakuasi.

"Untuk masyarakat yang diungsikan sebelumnya dari Pulau Ruang dari dua desa, 834 jiwa ini akan dievakuasi ke Kota Manado," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah