Gunung Lewotobi Erupsi, PVMBG Dalam Waktu Enam Jam Terjadi 12 kali

- 14 Januari 2024, 21:00 WIB
 Erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang. ANTARA/Mega Tokan
Erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang. ANTARA/Mega Tokan /

PRIANGANTIMURNEWS - Gunung Api Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang  kembali mengalami erupsi. Menurut catatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pemantau, pada Minggu 14 Januari 2024 dalam waktu enam jam terjadi erupsi sebanyak 12 kali.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi Laki-laki, Yosef S Mboro, dalam laporan yang diterima ANTARA di Kupang, Minggu, menyebutkan, 12 kali erupsi tersebut terjadi antara pukul 12.00 hingga 18.00 Wita.

Kolom abu yang ditimbulkannya teramati dengan ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter di puncak gunung dengan warna asap kelabu.

Baca Juga: Waspada! Gejala Kolesterol Tinggi Tak Biasa, Ini Penjelasannya

“Teramati 12 kali letusan dengan tinggi kolom abu 1.000 hingga 1.500 meter,” katanya menambahkan.

Selain itu, berdasarkan pengamatan Pos Pemantau, juga terjadi tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1.000 meter mengarah ke Utara dan Timur Laut dari gunung tersebut.

Selain itu juga teramati guguran dengan jarak luncur 1.500 hingga 2.000 meter mengarah ke Timur Laut. Disamping itu juga teramati awan panas guguran ke arah Utara Timur Laut sejauh 1.000 meter.

Baca Juga: Lagi-lagi Musibah Menimpa Perkeretaapian Tanah Air! KA Pandalungan Anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin

“Total ada 11 kali guguran terjadi di puncak gunung itu dengan amplitudo 14,8-43,6 milimeter dengan durasi 27 hingga 37 detik,” tutur dia.

Berdasarkan tingkat aktivitas, Gunung Api Lewotobi Laki-laki kini berada pada Level IV atau Awas, sehingga pihak PVMBG kemudian mengeluarkan sejumlah rekomendasi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x