Viral ! Santri Asal Tasikmalaya Raih Medali Perak Dalam Ajang Olimpiade Kimia Tingkat Internasionl Di Tiongkok

- 29 Juli 2022, 15:38 WIB
Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf
Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf /Instagram @ibnydihya/

PRIANGANTIMURNEWS - Santri dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XIl Quranic Science Boarding School (QSBS) Al Kautsar 561 Tasikmalaya, Jawa Barat, Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf, 17, meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Kimia International (International Chemistry Olympiad/ICh0) ke-54 yang dihelat secara daring di Tianjin, Tiongkok.

Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf, anak dari pasangan suami istri, Pipit Indah Purwanti, 40, dan Indra Somantri, sejak Sekolah Dasar (SD) Negeri Citapen sering mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Matematika.

Aby demikian ia biasa disapa, saat kelas 4 SD ia meraih medali perunggu dan di Kelas 5 medali perak bidang lImu Pengetahuan Alam (IPA).Kemudian, saat di SMP Pribadi Bandung atau Bilingual Boarding School masuk finalis pada bidang Matematika.

Baca Juga: Update Kondisi Terkini Istri Kopda Muslimin, Rina Wulandari

"Saya anak tunggal, memang suka pelajaran matematika sejak SD. Sudah beberapa kali ikut kompetisi dan meraih medali, kali ini Alhamdulillah diajang Olimpiade Kimia International (International Chemistry Olympiad/1ChO) ke-54 di Tianjin, Tiongkok, meraih perak" kata Aby, saat ditemui di sekolahnya di Al Kautsar 561 Tasikmalaya, Minggu 24  Juli 2022.

Menurutnya, persaingan di Olimpiade Kimia International di Tianjin, Tiongkok membuat dirinya sadar bahwa kemampuan dirinya masih harus terus dipacu. Selain dengan banyak belajar juga mengikuti kompetisi yang ada. 

Sayangnya di Indonesia masih sedikit kompetisi Sains yang berkelanjutan, paling yang sudah ada kompetisi OSN saja. Kompetisi yang rutin akan membuat semangat untuk belajar/berlatih soal-soal.

Baca Juga: 10 Twibbon Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Cocok Dipasang Status WhatApps, Instagram, Facebook

Menurut nya, orangtua memilih memasukkannya ke Pesantren seperti di SMA QSBS Al Kautsar 561 tagar Tasikmalaya bukan tanpa alasan. Di pesantren bisa belajar tentang agama lebih mendalam.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @net2netnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x