Peta Menuju Gencatan Senjata Permanen: Biden Sebut Israel Beri Hamas 3 Fase

- 1 Juni 2024, 09:00 WIB
Pada Jumat, 31 Mei 2024 Presiden AS Joe Biden menyampaikan bahwa Israel mengajukan proposal 3 fase menuju gencatan senjata permanen pada Hamas.
Pada Jumat, 31 Mei 2024 Presiden AS Joe Biden menyampaikan bahwa Israel mengajukan proposal 3 fase menuju gencatan senjata permanen pada Hamas. /Anadolu/

PRIANGANTIMURNEWS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berkata, Israel memberi Hamas kesepakatan 3 Fase sebagai 'Peta Menuju Gencatan Senjata Permanen'.

Proposal tersebut Biden sampaikan pada Jumat, 31 Mei 2024 dengan meyakinkan janji bahwa Israel akan mengakhiri penyerangan di Jalur Gaza, Palestina dengan pembebasan sandera.

“Sudah waktunya untuk memulai tahap baru ini, para sandera pulang, agar Israel aman, agar penderitaan berhenti," papar Biden di Gedung Putih.

Baca Juga: Peringatan Nakba ke-76: Pembersihan Etnis yang Kembali Terjadi di Jalur Gaza

"Sudah waktunya perang ini diakhiri, untuk dimulai sehari setelahnya,” tambahnya.

Hamas diminta untuk menerima kesepakatan itu, dan Biden juga mendesak Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu untuk mencegah tekanan yang menentang rencana tersebut.

Dirinya menyebut dengan yakin bahwa Hamas tidak akan mampu kembali melakukan serangan seperti yang terjadi pada tanggal 7 Oktober 2023 lalu.

“Hamas tidak lagi mampu melakukan serangan 7 Oktober lagi, itu merupakan salah satu tujuan utama Israel dalam perang ini dan sejujurnya merupakan tujuan yang benar,” ungkapnya.

Baca Juga: Parasut Gagal Terbuka, 5 Warga Gaza Meninggal Tertimpa Kotak Bantuan

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah