Tiga Dosa yang Tidak Akan Terampuni pada Malam Nisfu Sya’ban, Sebelum Taubat Nasuha

- 26 Maret 2021, 22:29 WIB
Berdoa/DOK. PR
Berdoa/DOK. PR /

PRIANGANTIMURNEWS – Malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada tahun 2021, Malam nisfu Sya’ban jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

Malam Nisfu Sya’ban disebut juga sebagai malam pengampunan dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil yang telah dilakukan selama satu tahun penuh.

Selain itu, Malam Nisfu Sya’ban juga merupakan malam penyetoran buku catatan amal baik itu amal kebaikan maupun amal keburukan.

Baca Juga: Keunikan Tradisi Kesepuhan Ciptagelar yang Telah Dijaga Ratusan Tahun

Gunakanlah waktu malam nisfu sya’ban untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dengan selalu melaksanakan kebaikan seperti membaca Al-qur’an, sholat sunnah, berdzikir, dan memohon maaf kepada orang-orang yang ada di sekitar.

Dikutip priangantimurnews.com dari beberapa sumber, dosa yang dilakukan akan diampuni oleh Allah Swt di malam nisfu sya’ban ini, kecuali dosa besar.

Sebagaimana dalam hadits shahih riwayat Bukhari, Tirmidzi, dan An-Nasa’i dari Ibnu Mas’ud.

عن عبد الله قال قلت : يا رسول الله أي الذنب أغظم؟ قال : ( أن تجعل لله ندّا وهو خلقك ) . قال : ثمّ ماذا؟ ( أن تقتل ( ولدك خشية أن يأكل معك )) . قال : ثمّ ماذا؟ قال : ( أن تزانى حليلة جارك.

Artinya : “Abdullah bin Mas’ud bertanya, ‘Wahai Rasulullah Saw, dosa apakah yang paling berat? Kemudian Rasulullah Saw menjawab, ‘menjadikan suatu hal sebagai persamaan dari Allah yang telah menciptakanmu (Syirik)’. Kemudian, Abdullah berkata, ‘Apalagi wahai Rasulullah?, Rasulullah menjawab, ‘membunuh orangtuamu karena engkau takut dia makan bersama mu’. Abdullah bertanya lagi, ‘Kemudian apalagi wahai Rasul? ‘Kamu berzina dengan istri tetanggamu.”

Baca Juga: Bingung Cari Pekerjaan, Ini Lowongan Kerja di Good News From Indonesia

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah