Materi Khutbah Idul Adha 2021: Berqurban di Masa Pandemi

- 19 Juli 2021, 06:24 WIB
Ilustrasi suasana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Salat Idul Adha 1441 H di Komplek Istana Kepresidenan.
Ilustrasi suasana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Salat Idul Adha 1441 H di Komplek Istana Kepresidenan. /Instagram.com/fadjroelrachman/

PRIANGANTIMURNEWS-Umat Islam akan merayakan Idul adha 1442 Hijriah pada Selasa, 20 Juli 2021.

Seperti yang diharuskan, para pengkhutbah atau khotib akan membawakan khutbah sebagai refleksi meningkatkan ketakawaan kaum Muslim.

Sebaik-baiknya materi khutbah tentu adalah yang relevan dengan kondisi umat. Di masa krisis kesehatan saat ini, tema tentang pengorbanan dan pandemi Covid-19 menjadi salah satu pilihan terbaik.

Berikut adalah salah satu khutbah bertema pandemi dengan judul “Berqurban di Masa Pandemi” yang ditulis Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof DR H Haedar Nashir, Msi, dikutip dari suaramuhammadiyah.id:

 

اَلْـحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ . وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ  نَبِيِّنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهَ وَ اَصْحَبِهَ وَمَنْ وَّالَاهُ اَمَّا بّعْدُ فَيَاعِبَدَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَأِيَّايَ بِتَقْوَى االلهِ حَقَّ تُقَاتِهِ فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ

 اَللهُ اَكْبَرُاللهُ اَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Alhamdulillah, pagi hari ini segenap kaum muslimin di seluruh tanah air dan sejumlah negeri menunaikan shalat ‘Idul Adha 10 Dzuhlizah 1442 Hijriyah. Segenap kaum muslimin mengumandangkan takbir, tahlil, tahmid, dan tasbih  sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah Yang Maha Rahman dan Rahim. Semua bersalawat kepada Nabi Muhammad, Rasul akhir zaman yang menjadi uswah hasanah dan penyeba4 risalah rahmatan lil-‘alamim. Setiap Muslim bersimpuh diri di hadapan Allah serta menunaikan sunnah Nabi shalat Idul Adha untuk meraih ridha dan karunia Ilahi.

Kaum Musilim Rahimakumullah

‘Idul Adha adalah Hari Raya Penyembelihan hewan qurban.  Kata kurban (qurban) artinya dekat atau mendekatkan,  yakni dekat dan mendekatkan diri kepada Allah dengan jalan beribadah shalat sunnah dua rakaat dan menyembelih hewan qurban sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad mengikuti jejak Nabi Ibrahim. Allah berfirman dalam Al-Quran yang artinya: “Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS  As-Shaffat: 102)

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: suaramuhammadiyah.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x