Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

- 30 Januari 2022, 21:38 WIB
Foto ilustrasi bulan Rajab.
Foto ilustrasi bulan Rajab. /Pixabay/Florian Kurz /

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dari kalender Hijriyah atau Qamariyah.

Bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain adalah dengan melarang terjadinya peperangan atau pertumpahan darah pada bulan ini.

Di dalam sejarah Islam, ada peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab , di antaranya adalah enam peristiwa sebagaimana berikut.

Pertama. Nabi saw. melakukan hijrah yang pertama kalinya ke Habasyah di bulan Rajab tahun ke lima kenabian.

Baca Juga: Tips 7 Cara Memutihkan Badan secara Alami yang Aman

Kedua. 13 Rajab hari lahir Ali bin Abi Thalib. Ia lahir sekitar 23 tahun pra hijriah/599 Masehi di Makkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab. Beliau merupakan salah satu orang yang pertama kali mengimani risalah Nabi saw. dari kalangan anak anak.

Beliau juga adalah sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad saw. setelah menikah dengan Fatimah Az Zahra. Beliau pernah menjabat sebagai salah seorang khalifah yang keempat pada tahun 656 M. sampai 661 M.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib merupakan salah satu sahabat yang paling dicintai Rasulullah saw. Walaupun beliau 32 tahun lebih muda dari pada Rasulullah saw.

Hal itu tidak bukan menjadi penghalang baginya untuk berkesampingan dalam perjuangan menegakkan agama Islam bersama Rasulullah saw.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: SMA YP UNILA LAMPUNG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x