Amalan dan Keistimewaan pada Malam Nisfu Sya'ban

- 17 Maret 2022, 22:12 WIB
Ilustrasi seorang muslim sedang berdoa
Ilustrasi seorang muslim sedang berdoa /frepex/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Malam nisfu sya'ban merupakan malam yang istimewa. Pada malam ini seorang muslim disarankan untuk melaksanakan solat tasbih.

Memperbanyak berdzikir dan berdoa memohon ampun kepada Allah SWT.

Ada beberapa amalan yang dilaksanakan dimalam nisfu sya'ban yaitu melaksanakan solat tasbih, membaca yasin sebanyak 3 kali.

Baca Juga: Ini Amalan Malam Nisfu Sya'ban, Berikut Bacaan dan Artinya

Saat membaca yasin pertama niatkan dalam hati supaya ditetapkan iman Islam, pada bacaan yasin yang kedua niat kan supaya dipanjangkan umur dan bacaan yasin terakhir niatkan dalam hati semoga diberikan rizki yang halal.

Selanjutnya membaca istighfar dan memperbanyak dzikir, juga meminta maaf kepada sesama muslim.

Ustaz Abdul Somad dalam video youtube  ceramahnya menjelaskan beberapa keistimewaan dimalam nisfu sya'ban, sebagaimana hadist Nabi SAW

عَنْ أَبِى مُوسَى الأَشْعَرِىِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِى لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ ».

Artinya: “Abu Musa Al Asy’ary radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah akan benat-benar melihat di malam nisfu (pertengahan) bulan Sya’ban, lali Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali untuk seorang musyrik atau seorang musyahin.” HR. Ibnu Majah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Taman Surga .NET


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x