Doa Nisfu Sya'ban Arab dan Artinya: Doa untuk Meminta Catatan Amal Perbuatan yang Baik

- 19 Maret 2022, 10:08 WIB
seorang berdoa di atas unta menyambut bulan syaban
seorang berdoa di atas unta menyambut bulan syaban /chiplanay/Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Nisfu Sya'ban merupakan bulan syaban dimana bulan ini banyak kemuliaan di dalamnya.

Doa Nisfu Sya'ban ini merupakan doa yang dibaca pada malam dan hari Nisfu Sya'ban, karena di dalam doa ini memuat banyak hajat, termasuk meminta agar catatan akhir amal perbuatan diterima dalam keadaan baik.

Syaban adalah salah satu bulan mulia sebelum Ramadhan, salah satu keutamaan di bulan ini adalah perbanyak dzikir dan melakukan amal perbuatan baki, seperti berdoa, berpuasa dan istighfar.

Baca Juga: Kisah Ka'ab bin Malik di Balik Perang Tabuk, Berkat Kejujuran Diampuni Taubatnya

Menurut banyak ulama kenapa Nisfu Sya’ban harus banyak berdoa, karena di doa-doa dan hajat akan dikabulkan Allah SWT di bulan ini.

Alasan kuat untuk meminta pertolongan dan ampunan adalah bahwa bulan Nisfu Sya'ban merupakan bulan dimana amal dan perbuatan dilaporkan ke Lauh Mahfuzh, maka diakhir catatan ini, umat islam dianjurkan untuk membaca doa Nisfu Syaban.

Berikut bacaan doa Nisfu Syaban agar catatan amal perbuatan selama setahun menjadi baik dilansir Priangantimurnews.com.

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ
اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: APK Kumpulan Doa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x