5 Hikmah Idul Fitri yang Setahun Sekali Kita Dapatkan

- 26 April 2022, 14:08 WIB
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri./Freepik
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri./Freepik /

PRIANGANTIMURNNEWS- Hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa.

Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa.

Umat Islam di Indonesia menjadikan Idul fitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, apalagi keluarga yang karena suatu alasan, misalnya pekerjaan atau pernikahan, harus berpisah.

Mulai dua minggu sebelum Idulfitri, umat Islam di Indonesia mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya ini, yang paling utama adalah mudik atau pulang kampung sehingga pemerintah pun memfasilitasi dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui.

Baca Juga: 20 Ucapan Idul Fitri 2022 Dalam Bahasa Arab dan Indonesia Menyentuh Penuh Makna untuk Dikirim ke Orang Spesial

Idul Fitri selalu hadir sebagai penutup ibadah puasa Ramadhan setiap tahun. Sudah barang tentu kita semua bersama seluruh kaum muslimin senantiasa menyambut dan merayakannya dengan rasa penuh kegembiraan, keceriaan, kebahagiaan dan kesuka citaan.

Sebagai salah satu syi'ar Allah yang istimewa, tentu saja idul fitri memiliki muatan makna dan kandungan hikmah yang banyak dan istimewa pula, dan yang sangat kita butuhkan sebagai bekal utama dalam perjalanan hidup kita, Idul Fitri selalu hadir sebagai penutup ibadah puasa Ramadhan setiap tahun.

Sudah barang tentu kita semua bersama seluruh kaum muslimin senantiasa menyambut dan merayakannya selanjutnya pasca Ramadhan. Berikut 5 Hikmah Idul Fitri:
1. Hikamah Kebersamaan dan Persatuan

Selama ramadhan nuansa kebersamaan dan persatuan umat begitu kental begitu terasa dan begitu indah mengawali puasa bersama-sama, bertarawih bersama, bertadarus bersama, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube KEPOIN ISLAM OFFICIAL


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x