Do'a Ziarah Kubur dan Tatacara Ringkasnya

- 1 Mei 2022, 21:04 WIB
Ilustrasi do'a ziarah kubur./Instagram @alkahfisomalangu
Ilustrasi do'a ziarah kubur./Instagram @alkahfisomalangu /

PRIANGANTIMURNEWS- Ziarah kubur adalah kunjungan ke tempat pemakaman umum/pribadi yang dilakukan secara individu atau kelompok, dengan tujuan mendoakan saudara atau keluarga yang telah meninggal dunia supaya diberikan kedudukan atau posisi yang layak di sisi Allah SWT.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita doa ketika berziarah kubur. Teks doanya

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

ASSALAMU'ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU'MINIINA WAL MUSLIMIIN. YARHAMULLOOHUL MUSTAQDIMIINA MINNAA WAL MUSTA'KHIRIIN. WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN
WA AS ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL 'AAFIYAH.

Baca Juga: Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap dengan Maknanya

Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

Hadis ini diajarkan kepada A'isyah radhiyallahu 'anha, ketika beliau bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang doa yang dibaca pada saat ziarah kubur. (HR. Ahmad 25855, Muslim 975, Ibnu Hibban 7110, dan yang lainnya)

Bisa juga dengan bacaan yang lebih ringkas. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengunjungi kuburan. Kemudian beliau berdoa.

السَّلامُ علَيْكُم دارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بكُمْ لاحِقُونَ،

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @ewingkhansa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x