Baju Baru untuk Hari Raya Idul Fitri Bisa Jadi Berpahala, Bisa Jadi Melalaikan

- 1 Mei 2022, 21:47 WIB
Ilustrasi baju baru di hari lebaran./Instagram @ritasupermallpwt
Ilustrasi baju baru di hari lebaran./Instagram @ritasupermallpwt /

PRIANGANTIMURNEWS- Nabi shalllallabu 'alaihis sallam disarankan agar membeli baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri (tidak harus baju baru)

Disunnahkan laki-laki berpenampilan terbaik -bagi wanita hati-hati dan menjaga pakaian karena hari raya para wanita banyak yang berhias tidak syar'i. Dari Ibnu Umar, "Umar mengambil jubah yang dijual di pasar.

Diapun mengambilnya lalu dibawa kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam seraya berkata, "Wahai Rasulullah, Belilah ini agar engkau bisa berhias dengannya ketika hari 'ied danmenerima para tamu utusan."

Baca Juga: Doa Ketika Memakai Pakaian Baru

Berhias dan memakai pakaian terbaik (tidak mesti baru) merupakan sunnah dan kebiasaan para salaf Baju baru yang melalaikan.

Yaitu memaksakan diri harus memakai baju baru padahal ia tidak mampu atau terlalu berlebihan mencari baju baru di pusat perbelanjaan sehinga lalai dengan ibadah terlebih di 10 hari terakhir Ramadhan.

Suatu ketika anak-anak perempuan Umar bin Abdul Aziz datang kepada beliau dan meminta pakaian baru untuk menyambut hari 'led, sedangkan kita tahu bahwa Umar walaupun seorang khalifah tetapi sangat sederhana, maka beliau berkata:

لَيْسَ الْعَيْدُ لِمَنْ لَبِسَ الْجَدِيْدَ إِنَّمَا الْعَيْدُ لِمَنْ خَافَ يَوْمَ الْوَعِيْدِ

“laisal ‘Ied, liman labisal Jadiid Innamal ‘Ied liman khaafa yaumal wa’iid”

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @doa_nasihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah