Ciri-ciri Orang Memiliki Ilmu Laduni, Salah satunya Takut Kalau Bersalah

- 6 Mei 2022, 15:06 WIB
Ilustrasi orang yang memiliki ilmu Laduni/YouTube Sang Pengelana
Ilustrasi orang yang memiliki ilmu Laduni/YouTube Sang Pengelana /

PRIANGANTIMURNEWS -  Setiap orang yang beriman sangat menginginkan memiliki ilmu Laduni. Selain itu banyak pula orang yang ingin mengetahui ciri-ciri orang yang memiliki ilmu Laduni.

Ilmu Laduni adalah ilmu yang berasal langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang diturunkan kepada seseorang yang telah memenuhi syarat.

Ibnu Ajibah dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa ilmu Allah dunia ialah ilmu yang mengalir ke dalam kalbu seseorang tanpa diusahakan dan tanpa dipelajari.

Baca Juga: Tiga Gelandang Box To Box Terbaik di La Liga Musim 2021-2022

Menurut Imam Al-ghazali dalam kitab majmu water rasail al-imam al-ghazali ilmu Laduni ialah ilmu yang ditemukan di dalam jiwa seseorang yang berasal dari Tuhan tanpa melalui perantara.

Semua ilmu itu diketahui secara substansi didalam jiwa, ilmu ini langsung berada dalam bentuk substansi-substansi non materi yang murni.

Posisi ilmu Laduni dapat dinisbahkan dengan akal, pertama seperti penisbahan Hawa pada Adam agar universal itu lebih mulia dan lebih sempurna daripada jiwa universal.

Baca Juga: Keris dalam Budaya Jawa Menurut Para Ahli: dari Unsur Gaib hingga Fisik

"Sementara jiwa universal itu lebih mulia dan agung daripada semua makhluk. akal universal lahirlah Ilham atau Wahyu."dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Chennel YouTube Sang Pengelana Jumat 6 Mei 2022.

Dari pancaran jiwa universal lahirlah Ilham Wahyu merupakan hiasan para nabi sementara Ilham merupakan hiasan para wali, Ilham bukanlah Wahyu ia lemah jika dibandingkan Wahyu tetapi kuat jika dibandingkan ruiiia atau mimpi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Sang Pengelana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x