Mau Puasa Ayyamul Bidh, Ini Dia Lafal Niat dan Tata Cara Serta Pahalanya Seperti Ibadah Sepanjang Tahun

- 8 November 2022, 12:07 WIB
Ilustrasi seorang anak sedang membaca alquran
Ilustrasi seorang anak sedang membaca alquran /Tangkapan Layar Youtube coretan pinsil/

PRIANGANTIMURNEWS - Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu dari beberapa Puasa yang dicontohkan oleh nabi kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Puasa sunnah ini dilakukan pada setiap pertengahan bulan hijriyah meskipun puasa Ayyamul Bidh ini hukumnya sunnah akan tetapi pahala yang akan kita dapatkan sangatlah besar.

Bahkan pahalanya tidak kalah besar dari puasa-puasa sunnah lainnya Menurut hadist riwayat Bukhari dan Muslim setiap orang muslim yang menjalankan Ayyamul Bidh setiap bulannya akan mendapatkan pahala besar hingga 10 kali lipat.

Rasulullah bersabda jika engkau ingin mengerjakan Puasa tiga hari pada setiap bulannya maka Kerjakanlah Puasa itu pada tanggal 13 14 dan 15 di bulan hijriah hadits riwayat Tirmidzi.

Baca Juga: Inilah Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Bulan November 2022! Rabiul Akhir 1444 H

dari Sabda Rasulullah diatas dapat disimpulkan bahwa ibadah Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada hari ke 13 14 dan 15 pada setiap bulannya.

Karena Puasa ini dilaksanakan pada pertengahan bulan maka Puasa ini juga sering disebut dengan Puasa tengah bulan bagi sahabat yang ingin menjalankan Puasa Ayyamul Bidh.

tata cara Puasa ini dilaksanakan sama seperti puasa ramadhan atau Puasa sunnah lainnya tidak ada perbedaan hanya saja berbeda dalam lafal niatnya saja.

Bagi kalian yang ingin melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh niatnya bisa dilakukan dalam hati pada malam hari H walaupun pada siang hari asal sebelum tergelincirnya matahari.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Youtube Coretan Pinsil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x