Perbanyak 5 Amalan ini di Bulan Rajab! Agar Hati Semakin Tentram

- 23 Januari 2023, 12:04 WIB
ilustrasi berdoa.
ilustrasi berdoa. /

PRIANGANTIMURNEWS - Indonesia mulai hari ini Senin, 23 Januari 2023 sudah memasuki hari pertama di bulan Rajab, serta sudah semakin dekat dengan bulan suci umat muslim yakni Ramadhan. Lalu apa saja amalan yang utama di bulan ini?

Sebelum hal tersebut yang perlu diketahui, bahwa pada dasarnya berpuasa di bulan Rajab itu sama baiknya seperti berpuasa di bulan haram lainnya atau di hari biasa.

Tidak ada anjuran yang mengistimewakan puasa bulan Rajab lebih baik dari puasa bulan lain, serta tidak ada perayaan Eid lain selain Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca Juga: Kuliner Malam Nasi Genjes, Enak dan Murmer di Kota Malang Jawa Timur

Beberapa hadits dhaif, membuat paradigma keliru mengenai amalan puasa rajab sehingga membuat puasa di bulan ini sama wajibnya seperti bulan Ramadhan. Sehingga menganggap Rajab lebih baik dari bulan haram lain.

Bulan Rajab sendiri dikenal sebagai salah satu dari empat bulan haram, selin bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36).

Baca Juga: Waduh! Kotoran Kelelawar Memenuhi Gua Matu di Lampung, Warga Memanfaatkan Jadi Pupuk Guano


Disebut bulan haram karena Allah melarang manusia untuk berperang, melakukan keburukan, dan berbuat dosa dibulan ini akan lebih besar balasannya dari bulan lain.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Depok.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x