Kisah Kurban Nabi Ibrahim di Teladani Kalapas dan WBP Tasikmalaya

- 29 Juni 2023, 10:52 WIB
Lapas Kelas II B Tasikmalaya sembelih 9 ekor domba dan 2 ekor Sapi meneladani Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail.
Lapas Kelas II B Tasikmalaya sembelih 9 ekor domba dan 2 ekor Sapi meneladani Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail. /Edi Mulyana/Priangantiimurnews/PRMN//

PRIANGANTIMURNEWS - Kurban merupakan ritual penyembelihan hewan ternak Kambing dan Sapi atau Unta yang diselenggarakan setiap tahun bagi seluruh umat muslim pada perayaan hari besar Idul Adha.

Dilakukan ritual ibadah kurban ini dimulai dari perjalanan mimpi Nabi Ibrahim yang mendapat perintah langsung dari Allah SWT melalui mimpi untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail.

Setelah mendapat printah dalam mimpi Nabi Ibrahim, lalu diceritakan mimpi ini kepada Nabi Ismail, dan Nabi Ismail menyatakan kalau itu memang perintah Allah silakan laksanakan.

Baca Juga: Boleh Muzaki Ikut Makan Daging Kurban? Ini Penjelasan Hukum Memakan Daging bagi Pengurban

Setelah mendapatkan restu dari Nabi Ismail, kemudian ritual itu dilaksanakan, meskipun Nabi Ismail adalah putra yang sangat disayangi oleh Nabi Ibrahim.

Namun dengan keagungan Allah, ketika ritual itu hendak dilakukan, Allah SWT justru mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba. 

Perintah itu rupanya merupakan sebuah ujian bagi ketaatan Nabi Ibrahim dan putranya kepada Allah SWT.

Baca Juga: Dua Cara Mudah Menyembelih Hewan Kurban, Simak dan Catat

Kalau kita melihat esensi dari peristiwa Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya itu lebih banyak urusannya kepada hablum minallah hubungan kepada Allah kesetiaan kepada Allah.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x