Makna 'Marhaban Ya Ramadhan' Menurut Ustadzah Neng Lala Nurul Maula

- 25 Maret 2024, 12:48 WIB
Pimpinan Ponpes Al Furqon Cimerak Kabupaten Pangandaran, Ustadzah Neng Lala Nurul Maula dalam program Khazanah Ramadhan Kemenag Kabupaten Pangandaran/Instagram/@kemenag_pangandaran
Pimpinan Ponpes Al Furqon Cimerak Kabupaten Pangandaran, Ustadzah Neng Lala Nurul Maula dalam program Khazanah Ramadhan Kemenag Kabupaten Pangandaran/Instagram/@kemenag_pangandaran /

PRIANGANTIMURNEWS - Bulan Ramadhan sudah dua pekan lebih kita lewati. Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah, bulan rahmah dan bulan penuh berkah.

Sebelum Ramadhan tiba sebagai ungkapan rasa bahagia menyambut kedatangannya, kita sering kali mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan yang berarti selamat datang Bulan Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Furqon Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Ustadzah Neng Lala Nurul Maula dalam program Khazanah Ramadhan yang diluncurkan oleh Kemenag Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: Ustadz H Ujang Sutaryat: Bulan Ramadhan Sebagai Wahana Pembebasan Dari Api Neraka!

Program Khazanah Ramadhan ini ditayangkan di akun Instagram resmi @kemenag_pangandaran. Khazanah Ramadhan ini yakni berupa tausiyah singkat dari Kiyai, Ustadz, Ustadzah dan Penyuluh Agama Islam yang berada dalam lingkungan Kemenag Kabupaten Pangandaran.

Menurut Ustadzah Neng Lala Nurul Maula, para ulama dalam menyambut tibanya Bulan Ramadhan lebih memilih kalimat Marhaban Ya Ramadhan daripada Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan.

"Marhaban Ya Ramadhan dan Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan sebetulnya mempunyai makna yang sama yakni selamat datang," ujar Ustadzah Neng Lala Nurul Maula.

Baca Juga: Nonis Masih Belum Terkejar Dalam Klasemen Perburuan Takjil Ramadhan, Warga Muslim Berusaha Menghadang!

"Tetapi para ulama lebih memilih kalimat Marhaban Ya Ramadhan untuk mengekspresikan kegembiraan dalam menyambut tibanya Bulan Ramadhan ini," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @kemenag_pangandaran


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x