Hakikat Malam Lailatul Qadar Menurut Ustadz RHM Iwan Ichwanu Setiawan!

- 2 April 2024, 20:28 WIB
Ustadz RHM. Iwan Ichwanu Setiawan/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Ustadz RHM. Iwan Ichwanu Setiawan/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Ramadhan yang mulia yang didalam penuh dengan keberkahan dan ampunan beberapa hari lagi akan meninggalkan kita.

Fase terakhir dari Ramadhan yang mulia ini yakni di 10 malam terakhir Bulan penuh magfirah ini. Di 10 malam  terakhir Ramadhan tersebut ada suatu malam yang kebaikannya setara dengan 1000 bulan. Malam tersebut tiada lain adalah Malam Lailatul Qadar.

Pemaknaan Malam Lailatul Qadar sebagaimana tersirat dalam Al Qur'an Surat Al Qadr adalah dalam batasan malam kemuliaan. Namun tidak sedikit orang yang terjebak dan hanya mengejar satu malam saja terutama dalam 10 malam terakhir Ramadhan.

Baca Juga: Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan yang Didambakan Umat Muslim Untuk Bisa Meraihnya

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Sosial dan Pemerhati Negara asal Kota Tasikmalaya yakni Ustadz RHM. Iwan Ichwanu Setiawan, S.Sos, MH kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com pada Selasa, 2 April 2024 melalui pesan elektronik.

"Ketika Rosulullah SAW banyak memfungsikan ibadah dalam 10 malam terakhir, Beliau tidak hanya melulu pada keinginan raihan pada satu malam saja tetapi lebih dari itu nuansa spiritualnya begitu kental," ujar RHM. Iwan Ichwanu Setiawan

Kata RHM. Iwan Ichwanu Setiawan, nuansa spiritual dalam malam Bulan Ramadhan yakni terjadinya peristiwa diturunkannya Al Qur'an sebagai sarana media komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya yang begitu mulia.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Lengkap Dengan Doanya

Lailatul Qadar terjadi pada malam hari masih kata RHM. Iwan Ichwanu Setiawan, karena malam adalah kesunyian, malam adalah keheningan, malam adalah keindahan dan waktu yang tepat bagi manusia untuk melakukan perenungan atau instrospeksi diri.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x