Kamu Harus Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Indonesia

- 17 Agustus 2021, 14:44 WIB
ILUSTRASI globe.*
ILUSTRASI globe.* //pexels/Nastya Sensei
 
PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. 
 
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. 
 
Indonesia menjadi negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan penganut lebih dari 230 juta jiwa.
 
 
Lalu tahukah kamu asal usul ikhtisar kata Indonesia?
 
Dikutip priangantimurnews.com dari instagram kemdikbud.riKata Indonesia pertama kali dilontarkan oleh George Samuel Earl, Etnolog berkebangsaan Inggris, dengan menyebut "Indunesia" untuk nama gugusan pulau di Lautan Hindia. Namun, para ilmuwan Eropa lebih sering menyebut dengan "Melayunesia".
 
James Ricahadson Logan (1850), pengacara dan penyunting majalah berkebangsaan Inggris, dalam majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), menyebut gugusan pulau di Lautan Hindia dengan Indonesia. 
 
Kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yakni Indo dan Nesos. Indo berarti India atau Hindia, sedangkan, nesos berarti kepulauan. Jadi, arti kepulauan Indonesia adalah kepulauan Hindia atau India.
 
 
Kata Nesos juga dianggap mirip dengan kata nusa yang berarti pulau atau kepulauan dalam bahasa melayu Austronesia.
 
Pada 1884 Adolf Bastian, entolog berkebangsaan Jerman, menggunakan kata Indonesia dalam bukunya Indonesien Order die Inseln des Malaysichen Archipel, untuk menamai pulau yang bertebaran di lautan Hindia.
 
Sekarang, kata Indonesia dipakai nama sebuah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang berpenduduk lebih dari 271 juta jiwa.***
 

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram kemdikbud.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah