Peringatan G30SPKI Berkaitan Dengan Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila, Begini Sejarah Singkatnya

- 20 September 2021, 07:58 WIB
Berikut ini tersedia kumpulan link Twibbon Hari Kesaktian pancasila yang diperingati pada 1 Oktober 2021 mendatang.
Berikut ini tersedia kumpulan link Twibbon Hari Kesaktian pancasila yang diperingati pada 1 Oktober 2021 mendatang. /Pixabay/kopikeeran

PRIANGANTIMURNEWS - Beberapa puluhan tahun lalu Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30SPKI) kekejaman yang membunuh belasan jenderal dan perwira.

Menjelang penyerangan G30SPKI diwarnai dengan lahirnya Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober setelah sehari penyerangan.

Biasanya setiap tahun warga negara Indonesia menyaksikan film yang memutar kekejaman G30SPKI.

Baca Juga: Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, Ternyata Ini Makna dan Sejarah Singkatnya

Untuk mengetahui bagaimana sejarah dan awal gerakan G30SPKI itu terjadi sehingga melahirkan adanya Hari Kesaktian Pancasila.

Sebagaimana dilansir PRIANGANTIMURNEWS dari PikiranRakyat.com dengan judul, "Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020, Ini Makna dan Sejarahnya yang Harus Diketahui"

Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila

Seperti diketahui bersama, pada 30 September 1965, terjadi sebuah peristiwa Gerakan 30 September (G30S). Peristiwa tersebut masih menjadi perdebatan hingga kini mengenai siapa pendorongnya dan apa sebab yang melatar belakanginya.

Namun pihak militer dan kelompok keagamaan terbesar pada saat itu menyebarkan kabar. Jika peristiwa tersebut adalah upaya PKI untuk mengubah pokok Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x