VAR Akhirnya Datang, PT LIB Habiskan 6 Milyar Rupiah

- 1 November 2021, 13:10 WIB
Direktur PT ILB.
Direktur PT ILB. / indosport.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Video Assistant Referee (VAR) sudah banyak digunakan di kompetisi-kompetisi Eropa.
 
VAR juga turut membantu keputusan-keputusan wasit dalam suatu pertandingan agar keputusannya tepat, akurat, dan tidak keliru.
 
Mengingat VAR sangat dibutuhkan di kompetisi liga Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggunakan VAR untuk sepakbola tanah air.
 
 
PT LIB merencanakan penggunaaan VAR di Liga 1 pada musim depan. Bahkan dikabarkan PT LIB sudah memesan 1 set VAR yang harganya sangat mahal.
 
Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan 1 set VAR dihargai 6 juta dolar AS atau setara Rp84 Milyar.
 
PT LIB sadar bukan perkara mudah mendatangkan VAR ke tanah air. Dengan keseriusan tinggi, PT LIB akan mendatangkan konsultan teknologi VAR ke Indonesia.
 
 
"Jadi kami memiliki program percepatan. Seorang konsultan VAR sudah datang ke PT LIB agar kami bisa ikut program percepatan dengan mendatangkan pengajarnya," ujar Direktur PT LIB tersebut.
 
Ia menambahkan bahwa nantinya VAR akan diuji coba terlebih dahulu. "Peralatannya nanti akan kami beli dan diuji coba. Saat uji coba nanti, kami bakal didampingi. Sebab, tidak semua bisa diputuskan oleh VAR. Mungkin hanya penalti dan kartu merah," kata Bapak Lukita sapaan akrabnya.
 
Dengan pernyataan ini semoga dapat menjawab pertanyaan pecinta sepak bola nasional terkait VAR.
 
Disamping itu pula, diharapkan dengan adanya VAR di Indonesia dapat membantu wasit dalam pengambilan keputusan-keputusan yang krusial dalam suatu pertandingan.***
 
Sumber : indosport.com

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah