Candi Prambanan, Pesona Candi Hindu Terbesar

- 2 Desember 2021, 06:55 WIB
Candi Prambanan, Daftar wisata yang sudah buka di Sleman, Bantul, dan Kota Jogja.
Candi Prambanan, Daftar wisata yang sudah buka di Sleman, Bantul, dan Kota Jogja. /PIXABAY/denysabri

PRIANGANTIMURNEWS- Sebelah selatan Candi Sewu, terletak 16 Km kearah timur dari kota Yogyakarta atau berada di sisi utara jalan Yogya-Solo tepatnya berada di desa Karangasem kecamatan Bokoharjo kabupaten Sleman Yogyakarta, secara administratif candi Prambanan terletak diperbatasan antara kabupaten Klaten (Jawa Tengah) dan kabupaten Sleman (Yogyakarta).

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 47 m, namun seperti halnya dengan candi-candi yang lain, Candi Prambanan ditemukan kembali dalam keadaan runtuh dan hancur serta ditumbuhi semak belukar.

Hal ini karena telah ditinggalkan manusia pendukungnya beratus-ratus tahun silam. Secara administratif kompleks candi ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Nama Pemenang Indonesian Dangdut Awards 2021, Ada Lesti Kejora dan Nassar

Masyarakat sering menyebut candi ini dengan nama candi Larajonggrang, suatu sebutan yang sebenarnya keliru karena seharusnya Rara Jonggrang. Kata Rara dalam bahasa Jawa untuk menyebut anak gadis.

Dalam cerita rakyat Rara Jonggrang dikenal sebagai putri Prabhu Ratubaka yang namanya diabadikan sebagai nama peninggalan kompleks bangunan di perbukitan Saragedug sebelah selatan Candi Prambanan.

Dikisahkan dalam cerita tersebut ada seorang raksasa Bandung Bandawasa namanya. Ia mempunyai kekuatan supranatural dan ingin mempersunting putri Rara Jonggrang.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Pelajar SD Meninggal Usai Pelajaran Olahraga

Untuk itu dia harus membuat candi dengan seribu arca didalamnya dalam waktu satu malam. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bandawasa, namun Rara Jonggrang curang sehingga pada saat yang ditentukan candi itu belum selesai, kurang sebuah arca lagi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: slemankab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x