101 Tempat Memantau Hilal 1 Ramadhan 1443 H

- 28 Maret 2022, 15:46 WIB
Ilustrasi Hilal Ramadhan.
Ilustrasi Hilal Ramadhan. /BMKG

PRIANGANTIMURNEWS - Memutuskan hari pelaksanaan puasa memang tidak mudah dan tidak bisa gegabah apalagi ada bebrapa cara untuk menentukan kapan Puasa dimulai, rencananya Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) 1 Ramadhan 1443 H pada Jumat, 1 April 2022 petang. Senin, 28 Maret 2022.

Sidang Isbat rencananya akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, menjelaskan bahwa sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Baca Juga: Kadis Pariwisata Pandaran Minta Maaf kepada Masyarakat Pangandaran Soal Postingan Stafnya di Facebook

Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," jelas Adib di Jakarta.

Lanjut Adib, kapan awal Ramadhan 1443 H? masih menunggu hasil rukyatul (pemantauan) hilal.

“Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” sambungnya.

Adib menambahkan, bahwa hasil hilal akan di umumkan melalui sidang Isbat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x