Jakarta Jadi Kota Dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

- 19 Mei 2022, 13:17 WIB
Ibukota Indonesia Jakarta
Ibukota Indonesia Jakarta /Antara Foto/

PRIANGANTIMURNEWS- Ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta menjadi kota dengan biaya termahal menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia.

Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa.

Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Baca Juga: Video Musik ZOOM Jessi Tembus 50 Juta Penonton di YouTube

Biaya hidup sehari-hari antara satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk dan gaya hidup masyarakat yang ada di kota tersebut.

Berdasarkan hasil survei biaya hidup (SBH) terakhir yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistika (BPS) pada 2018 menempatkan kota Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup paling tinggi di Indonesia.

Survei BPS tersebut menunjukkan total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Jakarta sebesar Rp 4.446.770. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp 16.897.727.

Baca Juga: Biodata Ashira Zamita, Pemeran Tokoh Zalika di Series Dear Stranger

Kemudian, Surabaya menempati posisi kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Setelah itu disusul oleh Bekasi di urutan ketiga, Depok keempat, dan Semarang kelima.***

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @jakarta.terkini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah