Masuk Jalan Tol Tidak Perlu Lagi Tapping Kartu

- 21 Mei 2022, 20:52 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. /Instagram.com/@official.jasamarga./

PRIANGANTIMURNEWS- Penerapan teknologi transaksi nirsentuh di Jalan Tol atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan diterapkan di Jalan Tol di Indonesia, nantinya pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran dilakukan secara bertahap.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, penerapannya direncanakan akhir tahun 2022, sedangkan untuk ruas jalan tol yang akan diterapkan sistem tersebut pada akhir tahun masih dalam pembahasan.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," ujar Danang dalam keterangan Press di Jakarta.

Baca Juga: Polda Jabar Gunakan Saksi Ahli untuk Menguak Kasus Subang

"Nantinya, teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS) yang dimana merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit," imbuhnya.

Dirinya menginformasikan, perangkat yang rencananya digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF yakni, Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU, dan perangkat Electronic Route Ticket dimana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Menurutnya, manfaat yang nantinya nisa dirasakan tentunya sangat besar, yakni menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik.

Baca Juga: CPNS Non Guru Kabupaten Pangandaran Terima SK Secara Simbolis

Walaupun pada saat penggunaan uang elektornik (e-Toll) pun telah mengurangi waktu transaksi maksimal 5 detik.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: bpjt.pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x