Memperingati 1 Juni: Ende NTT Menjadi Saksi Bung Karno Tempat Lahirnya Pancasila

- 31 Mei 2022, 18:55 WIB
1 Juni Hari Lahir Pancasila. Rumah Tempat Pengasingan Presiden Soekarno Ende, Nusa Tenggara Timur.
1 Juni Hari Lahir Pancasila. Rumah Tempat Pengasingan Presiden Soekarno Ende, Nusa Tenggara Timur. /cagarbudaya.kemdikbud.go.id

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden RI pertama Sukarno diasingkan di Kota Ende Nusa Tenggara Timur pada tahun 1934-1938 silam.

Dilansir dari halaman resmi Kemdikbud seperti dikutip dari Priangantimurnews, Bung Karno diasingkan di Ende, Pulau Flores mulai 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938.

Disebutkan dalam laman Cagar Budaya Kemendikbud, pengasingan ini bermula dari pertemuan politik di kediaman Muhammad Husni Thamrin pada 1 Agustus 1933 di Jakarta.

Baca Juga: Simak Baik-Baik Inilah Cara Kerja Jimat Pelarisan

Soekarno ditangkap seorang komisaris polisi saat dia keluar dari kediaman Husni Thamrin. Bung Karno pun diasingkan selama delapan bulan tanpa adanya proses pengadilan.

Keputusan pengasingan Bung Karno oleh Gubernur Jenderal Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, De Jonge, akhirnya dikeluarkan pada 28 Desember 1933. Saat itu, Soekarno diputuskan diasingkan ke Ende saat berusia 32 tahun.

Sejarah kelahiran Pancasila, Republik Indonesia, Jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja, Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur Menjadi saksi tempat persinggahan Ir. Soekarno.

Dalam sebuah unggahan vidio dijelaskan " Di antaranya kamar tidur lengkap dengan perabotan rumah yang masih asli, lukisan Pura Bali, kaki meja diukir, biola, dan lainnya," Ungkap Perekam Vidio.

Baca Juga: Apakah Khasiat Pelet Bisa Permanen? Begimi Ulasannya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x