Fenomena Supermoon Strawberry Dapat Disaksikan pada Hari Selasa Besok 14 Juni 2022

- 13 Juni 2022, 21:38 WIB
Fenomena Full Strawberry Supermoon  akan terjadi besok, Selasa 14 Juni 2022. Cek waktu untuk melihat fenomena tersebut.
Fenomena Full Strawberry Supermoon akan terjadi besok, Selasa 14 Juni 2022. Cek waktu untuk melihat fenomena tersebut. / Pixabay.com/Maria Angélica Spínola Yamaguchi/

PRIANGANTIMURNEWS- Supermoon atau superbulan adalah sebuah posisi Bulan ketika sedang memasuki fase purnama dan berada di sekitar jarak terdekatnya dengan bumi.

Jika Bulan sedang memasuki fase purnama (Full Moon) atau fase Bulan baru (New Moon) dan berada di sekitar jarak terdekatnya dengan Bumi, maka dikenal dengan istilah Supermoon.

Sebaliknya jika Bulan purnama (Full Moon) atau fase Bulan baru (New Moon) terjadi di sekitar jarak terjauhnya dengan Bumi, maka disebut Micromoon.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Ukraina vs Republik Irlandia, Prediksi Line Up di UEFA Nations League 2022 Rabu Dini Hari

Piringan Bulan saat Supermoon akan terlihat sekitar 14 persen lebih besar dibandingkan saat Micromoon.

Pada fenomena Supermoon strawberry, bagi pengamat di Jakarta, Bulan akan terbit pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2022 pukul 17:38 WIB dan memasuki puncak fase purnama pada pukul 18:51 WIB.

Inilah hal yang akan diamati, apabila Bulan purnama pada posisi terdekat yang biasa dikenal dengan istilah Supermoon, tentu piringan Bulan akan tampak lebih besar dan tentu cahayanya semakin cemerlang.

Baca Juga: KISAH Fransesco Lentini Seorang Pelawak Yang Memiliki 3 Kaki dan 2 Kelamin

Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, Purnama Strawberry Super (Full Strawberry Supermoon) merupakan purnama yang terjadi di bulan Juni.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @kabar.jakpus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x