Produk Kekayaan Intelektual Film dan Lagu Bisa Jadi Jaminan Utang di Bank

- 19 Juli 2022, 17:05 WIB
Presiden Jokowi Izinkan Film dan Lagu jadi jaminan utang di Bank
Presiden Jokowi Izinkan Film dan Lagu jadi jaminan utang di Bank /

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan bahwa produk kekayaan intelektual seperti film dan lagu bisa dijadikan sebagai jaminan utang ke lembaga keuangan bank maupun non bank.

Hal tersebut didasari oleh keputusan yang dituangkan secara langsung dalam Peraturan Pemerintah (PP) 24/2022 tentang Peraturan Pelaksana Undang-Undang (UU) Ekonomi Kreatif yang ditekan Jokowi.

“Pemerintah memfasilitasi skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual melalui lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank bagi pelaku ekonomi kreatif,” berikut bunyi Pasal 4 beleid.

Baca Juga: Gabungnya Raheem Sterling Jadi Ajang Persaingan di Lini Depan Chelsea, Christian Pulisic Berambisi Main Lebih

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, adanya 17 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia, yaitu pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, dan fesyen.

Kemudian juga kuliner, film animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi. Maka dari itu karya-karya tersebut bisa dijadikan sebagai jaminan utang.

PP yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 12 Juli 2022 kemarin itu juga menyatakan fasilitasi sistem pembiayaan berbasis kekayaan intelektual ini dilakukan melalui pemanfaatan kekayaan intelektual yang bernilai ekonomi dan penilaian kekayaan intelektual.

Baca Juga: VIRAL! Ribut TNI vs Supir Angkot di Kabupaten Sukabumi, 5 Sopir Angkot Diamankan

Namun ada beberapa catatan terkait karya yang bisa dijadikan jaminan utang, karya yang telah tercatat atau terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum.***

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x