Sejarah Hari Pramuka yang Diperingati Pada Tanggal 14 Agustus, Simak Selengkapnya

- 14 Agustus 2022, 16:14 WIB
Inilah sejarah hari Pramuka yang harus diketahui.
Inilah sejarah hari Pramuka yang harus diketahui. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS- Sejarah hari pamuka yang diperingati tada tanggal 14 Agustus, simak selengkapnya.

Sejarahnya pada tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka di Indonesia yang ke -61 semenjak berdirinya di tanah air sejak 1923.

Pada awal mulanya berdiri organisasi yang bernama Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan di Jakarta didirikan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) pada tahun tang sama.

Baca Juga: Empat Pemain Baru Barcelona Sudah Tampil, Bagaimana Performanya?

Kedua organisasi tersebut menjadi cikal bakal kepanduan di Indonesia, dan diputuskan untuk meleburkan diri menjadi satu, bernama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926.

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia itu berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Lahirnya Javaansche Padvinder Organisatie (JPO) memicu gerakan nasional lainnya untuk membuat organisasi sejenis pada saat itu.

Baca Juga: Menilik Sejarah Peringatan 17 Agustus yang Diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 

Hizbul Wahton (HM) pada 1918, JJP (Jong Java Padvinderij) pada 1923, Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS) adalah organisasi sejenis yang lahir.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x