Ketum PDI Perjuangan Dorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir di Indonesia, Megawati Terinspirasi dari Bung Karno

- 13 Juni 2023, 19:56 WIB
Dewan Pengarah (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan keinginannya membangun reaktor nuklir di Indonesia/ ANTARA
Dewan Pengarah (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan keinginannya membangun reaktor nuklir di Indonesia/ ANTARA /

PRIANGANTIMURNEWS - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembangkan reaktor nuklir di Indonesia untuk berbagai keperluan rakyat banyak.

 

Menurut Mega yang juga merangkap jabatan sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, usulan ini terinspirasi dari rencana Bung Karno mendirikan reaktor nuklir untuk berbagai penelitian di era Orde Lama dulu.

Melansir ANTARA, Senin, 12 Juni 2023, bertajuk, “Megawati Dorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir di Indonesia”, ibu kandung dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia –Puan Maharani ini mengatakan masih ingat dulu ayahnya (Bung Karno) pernah membangun reaktor nuklir di Bandung,.

"Bung Karno saja sudah berpikir untuk kita punya reaktor nuklir. Saya sangat ingat, adanya itu di Bandung, namanya Triga Mark", Katanya.

 Baca Juga: Guinea vs Mesir di Kualifikasi Piala Afrika 2023: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Reaktor Nuklir Triga Mark 2000 di Bandung, reaktor nuklir Pertama Indonesia.

Diresmikan tahun 1965 yang dioperasikan untuk kepentingan pelatihan, riset, produksi radioisotop dan berbagai keperluan lain, baik medis, industri atau pun penelitian.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x