Gelombang Tinggi hingga 3,5 Meter Ancam Nusa Dua Bali, Nelayan dan Pelaku Wisata Diminta Waspada

- 11 Juli 2023, 11:19 WIB
Ilustrasi peringatan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi / BMKG : Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi 6 Meter di Bali
Ilustrasi peringatan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi / BMKG : Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi 6 Meter di Bali /Unsplash/T.S. Wulandari

PRIANGANTIMURNEWS - Nelayan dan pelaku wisata bahari diminta mewaspadai potensi ketinggian gelombang laut hingga 3,5 meter di perairan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali diperkirakan pada 12-13 Juli 2023.

"Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati," kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa.

Berdasarkan pengamatan BMKG, diperkirakan ketinggian gelombang laut di Nusa Dua mulai menguat pada 12 Juli 2023 mencapai hingga tiga meter kemudian meningkat diperkirakan hingga 3,5 meter pada 13 Juli 2023.  

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim akan Terjang Beberapa Wilayah Indonesia Hingga 5 Juni 2023

Selain sebagai kawasan wisata bahari, perairan itu juga merupakan jalur nelayan melaut.

Wilayah perairan wisata lain yang juga tergolong tinggi gelombang lautnya di antaranya perairan Kuta di Kabupaten Badung diperkirakan hingga 2,5 meter.

Selain di Tanah Lot di Kabupaten Tabanan diperkirakan hingga 2,5 meter dan di Sanur Denpasar diperkirakan hingga dua meter.  

Dia menjelaskan peningkatan kecepatan angin mendorong peningkatan gelombang laut baik di wilayah perairan utara dan selatan Bali.  

Baca Juga: Peneliti Jepang dari NIES Ungkap Warna Baju yang Sejuk dan Cocok Ketika Cuaca Panas

BMKG memperkirakan kecepatan angin di Bali secara umum diperkirakan hingga 45 kilometer per jam atau kisaran hingga 25 knot.  

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x