Panglima TNI Yudo Margono Minta Maaf Soal Pernyataan Memiting

- 19 September 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi kedekatan Panglima Laksamana TNI Yudo Margono dengan masyarakat.
Ilustrasi kedekatan Panglima Laksamana TNI Yudo Margono dengan masyarakat. /Foto: tni.mil.id/Puspen TNI/

PRIANGANTIMURNEWS - Sempat viral.l dalam video Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menginstruksikan prajurit agar memiting peserta unjuk rasa di Rempang.

Terkait dengan pernyataan memiting yang disampaikan saat memberi arahan kepada prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Panglima TNI akhirnya minta maaf.

Yudo menjelaskan diksi "piting" itu hanya sebuah perumpamaan agar para prajurit tidak menggunakan senjata untuk meredam massa yang ricuh.

Baca Juga: Viral Panglima TNI Jenderal Yudo Margono Perintahkan Prajurit Memiting Para Pendemo di Rempang, Benarkah Ini

"Saya mohon maaf. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan kemarin, yang mungkin masyarakat menilai salah (soal) dipiting. Itu saya nggak tahu, karena bahasa saya itu orang ndeso (kampung), yang biasa mungkin dulu waktu kecil kan sering piting-pitingan dengan teman saya. Saya pikir, dipiting lebih aman, karena memang kami tidak punya alat," kata Yudo ditemui usai membuka latihan bersama ASEAN Solidarity Exercise 01 Natuna 2023 (ASEX-01 N) di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa 19 September 2023.


Yudo menjelaskan kata itu keluar saat dia menjawab pertanyaan dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochamad Hasan yang meminta bantuan alat penanggulangan huru-hara (PHH).

Saat itu, Yudo menjelaskan bahwa dia memberikan perumpamaan tentang penanganan aksi massa yang tidak perlu selalu menggunakan senjata.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI Hari Ini

Dalam kesempatan yang sama, Yudo juga menegaskan bahwa TNI tidak mengerahkan pasukan untuk kegiatan-kegiatan pengamanan aksi unjuk rasa, termasuk seperti yang terjadi di Rempang.

Yudo menjelaskan prajurit dikerahkan jika TNI menerima permintaan bantuan pasukan pengamanan dari kepolisian.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x